Minggu, 22 September 2013

Inspirasi Menjadi Mahasiswa

| Minggu, 22 September 2013 | 0 komentar



Inspirasi Menjadi Mahasiswa

Anda harus sadari bahwa anda merupakan salah satu orang yang beruntung dari jutaan orang diluar sana yang bisa melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Bercermin dari orang tua saya, ternyata mereka harus bekerja keras mencari uang demi melihat anak menjadi “orang”, gali lubang tutup lubang untuk menutupi biaya kuliah dan saya rasa itupula yang dialami oleh sebagian besar orang tua mahasiswa saat ini meskipun ada diantara mereka yang membiayai kuliah mereka dari keringat sendiri. Semua itu akan terbayar apabila anda telah mendapatkan GELAR SARJANA karena ini membuktikan bahwa apa yang telah mereka lakukan dan korbankan tidak sia-sia. Yang perlu kita sadari bahwa setiap tujuan bukan berarti tanpa hambatan, gangguan dan pengorbanan.
Kembali menjadi mahasiswa, di perguruan tinggi anda digembleng dan ditempa untuk menjadi tajam dalam berpikir, cerdas dalam bertindak, dan ikhlas dalam beramal untuk menjadi ilmuan. Masuk ke perguruan tinggi dibutuhkan kesadaran penuh, seorang yang hendak menjadi mahasiswa akan dituntut untuk menuntut ilmu, memahami dan sadar benar bahwa dirinya menjadi insan ilmuwan. Oleh sebab itu seorang yang akan menjadi mahasiswa harus memiliki tekad untuk selalu belajar mengembangkan daya piker kausal (sebab-akibat) dan meningkatkan nurani penasaran terhadap disiplin ilmu yang ditekuninya.
1. Kewajiban Mahasiswa
Yang paling penting untuk mahasiswa adalah belajar. Belajar merupakan hal yang tidak perlu dikompromikan lagi karena sudah menjadi syarat mutlak. Apa pun yang menjadi alasan untuk tidak belajar, merupakan suatu alasan yang dicari-cari.
2. Tujuan Mahasiswa
Mencapai tingkatan keilmuan yang matang, artinya menjadi sarjana yang benar-benar memiliki ilmu pengetahuan pada bidang yang ditekuninya, memahami wawasan ilmiah dalam segala hal yang berkaitan dengan dengan keilmuan yang berguna untuk masayarakat.
3. Gemar Membaca
Sumber belajar diperoleh bukan hanya dari seorang pendidik saja, tetapi sumber belajar anda bisa peroleh salah satunya dari membaca buku yang merupakan sumber utama , rasa gemar membaca harus ditanamkan dan dikembangkan se-awal mungkin sehingga kegiatan membaca menjadi kenikmatan dan kepuasaan bagi dirinya jika tidak mahasiswa yang kurang gemar membaca, pengetahuannya akan kurang berkembang. Bagi mereka yang sudah gemar membaca, umumnya tidak lagi menghiraukan jenis bacaa, apa pun akan dibacanya. Namun, bagi mereka yang menyadari kewajiban kemahasiswaannya, ia akan mengarahkan diri kepada bacaan-bacaan yang mempunyai sangkut paut dengan disiplin ilmu yang ditekuninya. Materi bacaan ilmiah atau relevan akan merupakan konsumsi sehari-hari.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda pada form dibawah ini

 
© Copyright 2013. tonesociousmax.blogspot.com . All rights reserved | tonesociousmax.blogspot.com editing by It Sasak